4 Cara Musnahkan Kesan Sempit Pada Ruang Keluarga (Penataan Ruangan)

Bicara tentang keluarga, tak akan pernah lepas dengan istilah akrab. Untuk menciptakan keluarga yang bahagia, memerlukan keakraban antar anggota keluarga di dalam rumah. maka dari itu, banyak keluarga yang menyediakan ruang keluarga sebagai tempat berkumpul.

Hanya saja sering kali sebuah rumah terkendala dengan ukuran yang terbatas, sehingga ruangan keluarga lebih sempit. Dengan penataan ruang yang baik, maka ruangan yang sempit sekalipun bisa disulap menjadi lebih luas dan nyaman untuk keluarga.

  • Cat Dinding Berwarna Terang

Ruangan keluarga yang sempit bisa membuat setiap anggota keluarga tidak tertarik untuk berkumpul. Ini karena ruang sempit memang terlihat sumpek dan tidak menarik. Selain pengap, kesan yang ditimbulkan biasanya berhubungan dengan tingkat kenyamanan.

Warna cat dinding turut mempengaruhi kesan yang ditampilkan oleh ruangan. Agar tidak menghilangkan fungsi utama ruangan berkumpul keluarga maka perlu mengaplikasikan warna cat yang terang untuk menghilangkan kesan sumpek.

Penggunaan cat dinding berwarna putih akan membuat ruangan keluarga nampak luas. Apabila tidak suka dengan putih, boleh juga mengganti dengan warna-warna pastel yang terlihat kalem. Sentuhan warna pastel akan membuat suasana lebih hangat dan akrab.

Tidak disarankan menggunakan cat dinding berwarna gelap karena ruangan menjadi terkesan semakin sempit dan berat. Warna gelap tersebut membawa suasana kurang baik. Terlalu lama berada di ruang berwarna gelap membuat diri terasa sesak.

  • Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan di dalam ruangan sering kali dianggap remeh oleh pemilik rumah. Padahal itu menjadi aspek penting demi kenyamanan. Tanpa pencahayaan yang tepat, ruang berkumpulnya keluarga tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Pencahayaan bisa didapatkan melalui sumber cahaya alami dari sinar matahari dan cahaya dari lampu ruangan. Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, cahaya bisa diberikan dengan pemasangan genteng kaca. Sedangkan pada malam hari tinggal mengatur cahaya lampu.

Lampu yang mampu mendistribusikan cahaya secara merata dalam ruangan dapat memberi kenyamanan. Sehingga seluruh keluarga tidak bosan untuk saling berinteraksi pada satu ruangan. Bisa juga menonton televisi dengan aman tanpa rasa khawatir terhadap kesehatan mata.

Cahaya mampu menunjukkan bentuk secara visual. Dengan begitu seseorang dapat menikmati aktivitas di dalam ruangan, menikmati warna dan tekstur ruang. Kesan luas dan lega akan tercipta dengan terangnya ruangan.

Intensitas cahaya harus diselaraskan pula dengan perabot yang ada di dalam ruangan. Hanya saja terangnya cahaya lampu yang memenuhi ruangan harus sewajarnya. Apabila terlalu terang dapat membuat mata lelah dan perih. Agar terkesan hangat, perlu menambahkan cahaya berwarna kuning.

  • Membuat Lubang Udara

Keberadaan lubang udara di ruang keluarga menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Letak ruangan yang berada di bagian tengah, biasanya kurang mendapatkan aliran udara alami. Tak heran apabila terasa pengap dan panas.

Aliran udara menjadi unsur penting terbentuknya ruangan yang nyaman dan sehat. Kenyamanan dapat membuat seluruh anggota keluarga yang berkumpul menjadi betah menghabiskan waktu bersama. Selain itu kehangatan dan keharmonisan keluarga semakin terbentuk.

Agar suasana berkumpul bersama anggota keluarga menjadi nyaman, maka perlu membuat lubang udara pada dinding yang berbatasan langsung dengan luar rumah. Hal tersebut akan membantu udara mengalir secara alami.

Alternatif lain untuk mengusir hawa pengap adalah dengan memasang ventilasi listrik yang disebut exhaust fan. Alat tersebut dapat menyaring udara yang berada di dalam ruangan, kemudian diganti menjadi udara yang segar.

Cara Ini bisa diterapkan untuk ruangan tidak memungkinkan mendapat udara langsung dari luar. Seperti rumah diperkampungan yang berdempet-dempet, tidak mungkin membuat lubang udara karena tetap terhalang oleh tembok rumah tetangga.

  • Menempatkan Furnitur Yang Simple

Agar ruang santai yang menjadi tempat anggota keluarga saling mengakrabkan diri nampak lega, maka perlu mempertimbangkan juga perabot yang diletakkan. Tidak masalah apabila menempatkan beberapa jenis perabot di ruangan tersebut.

Nyatanya, banyak ruangan keluarga yang terpasang meja sebagai tempat meletakkan televisi atau barang elektronik lain. Hanya saja ada penempatan furnitur tersebut arus benar dan tidak menyebabkan ruangan menjadi lebih sempit lagi.

Ada baiknya meletakkan furnitur yang simple untuk memaksimalkan fungsi ruangan. Ruangan keluarga yang tidak terlalu luas akan terasa sempit apabila meletakkan bermacam-macam perabot. Memikirkan dan menata perabot perlu kembali dilakukan.

Perabot yang berukuran besar hanya akan memakan lebih banyak tempat. Menata ruangan yang sempit tentu harus memperhatikan keseimbangan. Perabot yang tidak perlu, seperti rak-rak besar sebaiknya disingkirkan agar terlihat nyaman.

“Meski kecil dan sederhana, rumah menjadi tempat untuk menumbuhkan cinta dan kehangatan dari keluarga.”

Rak tersebut bisa diganti dengan media penyimpanan yang lebih ringkas dan fleksibel. Menempatkan barang dengan metode gantung bisa dilakukan agar ruangan menjadi lebih luas. Teknologi pun kini berkembang, sehingga memungkinkan untuk menempelkan televisi pada dinding.

Keberadaan ruang keluarga menjadi elemen penting di dalam rumah. dari ruangan inilah keakraban antar anggota keluarga dapat dibentuk. Maka dari itu, penting untuk menjadikan ruangan keluarga yang nyaman dengan kesan luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *